Cara mengamankan akun facebook dari hecker

Cara Mengamankan Akun Facebook – Sebagian dari Anda mungkin pernah kehilangan kendali akun Facebook? Hilangnya kendali ini tentu membuat kita merasa jengkel, entah disebabkan karena pihak Facebook sendiri ataupun orang lain yang sedang membajak akun kita.

Saat ini sering terjadi kasus pembajakan akun Facebook yang dilakukan oleh para hacker dengan menggunakan berbagai modus. Mulai dari modus key logger, fake login, Phising , dan masih banyak lagi. Sebagai pengguna setia Facebook tentunya Anda harus selalu waspada.

Cara Mengamankan Akun Facebook dengan Mudah.

Sebenarnya cara mengamankan akun Facebook sangatlah mudah sekali. Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk menghindari pembajakan akun oleh para hacker tersebut. Apa sajakah itu? simak tips selengkapnaya berikut ini.

1. Selalu log in dan log out saat akses Facebook

Terkadang karena terburu-buru kita sering lupa tidak mengeluarkan akun Facebook dari komputer, terutama bagi Anda yang bermain di warnet. Ketika ada orang lain yang datang dan mengakses Facebook, maka yang muncul adalah akun Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya selalu lakukan log out ketika hendak meninggalkan komputer.

2. Gunakan kata sandi/password yang kuat

Beberapa orang sangat mudah sekali menebak kata sandi kita. Akibatnya, akun Facebook yang kita milikipun sangat mudah sekali dibajak. Agar lebih aman ada baiknya gunakan kata sandi yang kuat. Anda bisa memasukan kata sandi dengan kombinasi antara huruf, angka, dan tanda baca lain.

3. Menambah pertanyaan keamanan Facebook

Dengan menambah pertanyaan keamanan Facebook, maka peluang hacker untuk membajak akun milik Anda semakin kecil. Cara antara lain:

  • Pertama pastikan sudah login Facebook. Kemudian lihat halaman bagian kanan, lalu pilih Pengaturan Akun alias Account Setting.
  • Selanjutnya klik keamanan pada bagian kolom sebelah kiri. Kemudian klik bagian Pertanyaan Keamanan.
  • Sekarang masukan pertanyaan yang sekiranya jawabannya mudah Anda ingat tetapi sulit diketahui orang lain.
  • Setelah selesai Simpan Perubahan.

4. Pastikan antivirus Anda selalu aktif

Ketika sedang login Facebook, pastikan aplikasi Antivirus Anda selalu aktif. Aplikasi antivirus sangat berguna sekali untuk mencegah aktivitas Ket Logger, Fake Login, dan Phising. Bahkan dengan adanya antivirus, Anda juga bisa mengetahui apakah browser sudah terkena melware atau tidak.

5. Pastikan akun email Anda aman

Mengamankan Facebook tak hanya dilakukan pada akunnya saja, tetapi Anda juga harus memastikan akun email yang digunakan aman. Entah itu Yahoo, Gmail, ataupun alamat email lain pastikan password tak mudah ditebak.


Itulah beberapa cara mengamankan akun Facebook dari hacker yang bisa Anda coba terapkan. Semoga bermanfaat dan bisa melindungi privacy Anda saat bersosial media, wasalamualaikum wr.wb!!!